silahkan berkomentar/kritik/saran n bagi yang bakat menulis bisa di share di e-mail ya.. nanti akan kita posting.. kita ramaikan blog ini bersama..! terima kasih kawand.. :)

Sunday, January 29, 2012

solusi printer canon


"Semoga bermanfaat, Selamat Belajar"

Panduan Cara Bongkar Canon IP 2770 
 
Panduan ini cukup simpel dan bentuknya adalah gambar, jadi anda tinggal mengikuti gambarnya. Dan kalau nggak kelihatan klik aja gambarnya nanti akan menjadi besar sendiri....

Berikut Panduan Cara Bongkar Canon IP 2770 :



Selamat mencoba .....











BLINK PADA CANON iP2770



Kali ini saya akan membahas Blink 13x Orange pada Canon iP2770. Kejadian ini mungkin cukup membingungkan bagi yg belum pernah mengalaminya. OK langsung saja menuju ke TKP ...


Indikasi awal:
Ketika printer dinyalakan kelihatan OK, tapi setelah di perintah print, maka akan muncul Blink 13x Orange pada Canon iP2770 ini. Berikut gambar yg tampil di layar monitor :



Cara Mengatasi Canon iP2770 Blink 13x Orange :


1. Jika tampil Blink 13x Orange dengan gambar diatas, berarti catrid warna membutuhkan reset (mengalami runout).

2. Caranya : tekan tombol RESUME agak lama sampai printer terdengar berproses, kemudian lepaskan.

3. Jika muncul Blink 13x Orange, berarti catridge hitam juga butuh direset (mengalami runout), dan gambarnya adalah sbb :



4. Caranya sama : tekan tombol RESUME agak lama sampai printer terdengar berproses, kemudian lepaskan.

5. Selesai, printer iP 2770 yg Blink 13x Orange akan normal kembali.

Hal ini sering terjadi ketika catridge habis selesai direfill kemudian dipasang lagi.

Selamat mencoba...







Cara Pasang Infus Canon iP2770 :

1. Siapkan alat infusnya berikut selang dan seperangkatnya.

2. lubangi catrid hitam, sesuaikan dengan gambar. Lubang harus pas tidak boleh longgar.

3. Langkah ini yang membedakan antara IP2770 dengan infus canon yg model dibawahnya.
Catrid warna juga dilubangi, untuk warna biru dan kuning sama seperti infus canon dulu. Sedangkan untuk warna merah lubang agak sedikit di geser ke kiri sekitar 3mm. Kemudian tutup pengunci catrid warna agak dibuat rongga sedikit untuk tempat selang warna merah. Karena kalau nggak dibuat seperti itu maka Catrid tidak akan terdeteksi karena kuncian catrid tidak sempurna.

Lebih jelasnya lihat gambar.




4. Kemudian pasang kedua catridnya dan khusus catrid warna depannya diganjal dengan tissu / kertas agar catrid menempel sempurna di rumah catrid. Kalau catrid tidak terpasang sempurna di rumah catrid (karena longgar) maka printer akan blink 5x orange 1x hijau. Jika terjadi blinking ini benahi lagi letak catridnya.



5. Atur selang tinta sesuaikan dengan gambar. Lihat bagian yang di lakban.





6. Selesai tinggal nyoba.......

Jangan lupa, Iklan dibagian kanan blog adalah donasi untuk blog ini......

Selamat mencoba ....





TIPS PERAWATAN KATRID


Kali ini kang EKo akan mencoba sharing tentang Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama. Karena banyak sekali pertanyaan tentang "kenapa catrdige cepet banget rusaknya... baik langsung saja ke T...K...P....

Sebelum menuju ke Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama, kita akan belajar dulu tentang cara kerja dari head catridge.

Head : berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.
Catrdige :
berfungsi sebagai wadah tampungan tinta yg akan mengalir ke head.

Dalam hal ini, printer Canon dan HP sering mengabungkan keduanya yaitu head dan catridge menjadi 1 bagian. Sedangkan Epson sering memisahkan antara head dan Catridge.

Cara Kerja Head Catridge menurut kang Eko :

Ketika printer diperintah untuk ngeprint, maka akan diolah oleh board printer dan terakhir board printer akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Head akan mengatur filamen pemanas yg ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yg harus dikeluarkan untuk sebuah gambar / tulisan. Jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yg berlebihan akan membuat catrid cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga. jadi Fungsi tinta ini juga sebagai oli kalau dikendaraan bermotor dan sangat penting sekali, maka jangan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama.

Pemanasan head yg berlebihan ini diakibatkan oleh :
1. Ngeprint dalam jumlah banyak dan tidak ada jeda / istirahatnya, atau
2. Tinta habis dan printer masih dipakai untuk ngeprint,

Itulah kenapa catrdige warna Canon atau HP sering banget rusaknya, karena :

1. Yg warna jarang digunakan, sehingga nozzle buntu karena tinta kering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih akibat tidak ada pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.
2. Tinta warna habis dan tidak di isi, maka akan terjadi pemanasan berlebih pada head dan akibatnya chip di head akan terbakar.

Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama :


1. Jangan ngeprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.

2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.

3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai ngeprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk ngeprint foto)

4. Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.

5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.

6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.

Mungkin itu kira-kira Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama dari Kang Eko, kalau ada yg mau nambahkan dipersilahkan ...

Semoga bermanfaat /....






Cara Membuat Pembuangan Canon IP 2770
Seperti biasa, panduan Cara Membuat Pembuangan Canon IP 2770 ini berbentuk gambar sehingga mudah untuk diikuti dan dikerjakan oleh siapa saja.

Berikut panduan Cara Membuat Pembuangan Canon IP 2770 :




Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi dengan yg lainnya...

 

No comments:

Post a Comment